Orang Tua Jalan Suksesku

[LENTERA PENA]

Orang Tuaku, Jalan Suksesku

Apasih arti orang tua buat kamu?
Dialah manusia mulia yang Allah kirimkan dalam kehidupan kita. Pengorbanannya begitu besar dan sampai kapanpun tidak akan bisa terbayar. Sobat, kapan nih terakhir bercanda bareng orang tua? Kapan terakhir kamu bikin mereka sedih? Kapan terakhir kamu membantah? Kapan terakhir kamu menghubunginya?
Atau kamu sering melupakannya, mengesampingkan & tak pernah berkabar padanya?

Sobat, inget kan?
“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada
murka orang tua.”
Bisa jadi kesuksesan kamu saat ini adalah doa orang tua, doa dari orang-orang yang telah kamu tolong. Oleh karena itu, sesukses apapun kamu jangan pernah lupakan orang tua mu.

Berbakti kepada orang tua termasuk perintah Allah, sobat bisa lihat di (QS. Al Isra’: 23), (QS. An Nisa’: 36), (QS. Al An’am: 151), (QS. Luqman: 13-14), dan (QS. Al Ahqaf: 15)
Di surat tersebut dengan jelas Allah perintahkan kepada kita untuk senantiasa berbakti, berbuat baik kepada bapak ibu.
Berbakti pada orang tua juga termasuk amalan yang dicintai Allah SWT. looh, hadits dari sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Beliau mengatakan,

“Aku bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah ‘azza wa jalla?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya’. Lalu aku bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Kemudian berbakti kepada kedua orang tua.’ Lalu aku mengatakan, ‘Kemudian apa lagi?’ Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Berjihad di jalan Allah’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sikap bakti kepada orang tua yaitu:
1. Menaati perintah keduanya selama bukan dalam perkara yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.
2. Mendahulukan perintah mereka dari perkara yang hanya dianjurkan (sunnah).
3. Menghiasi diri dengan akhlaq yang mulia di hadapan keduanya, di antaranya adalah dengan tidak mengeraskan suara di hadapan mereka.
4. Berbakti kepada kedua orang sepeninggal mereka adalah dengan mendo’akan keduanya.

Seseorang yang membangkang, tidak taat disebut juga durhaka, contoh durhaka kepada orang tua yaitu:
1. Membuat orang tua menangis, marah
2. Menahan tangan kedua orang tuanya yang ingin memukulnya
3. Memandang kedua orang tuanya dengan pandangan yang tajam
4. Membuat kedua orang tuanya sedih
5. Tidak mentaatinya perintahnya

Sobat, Hati-hati ya, jgn bikin orang tua kita marah, karena doa jelek orang tua terhadap anaknya itu mustajab. Seperti disebutkan oleh Abu Hurairah, ”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدَيْنِ عَلىَ وَلَدِهِمَا

“Ada tiga jenis doa yang mustajab (terkabul), tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian dan doa kejelekan kedua orang tua kepada anaknya.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang sukses yang selalu berbakti kepada bapak ibu, aamiin..

Sumber: https://rumaysho.com/480-ibu-ayah-aku-ingin-meraih-surga.html

#AlFikri2019
#AlFikriBerdakwah
– Bersama dalam Ukhuwah, Harmoni dalam Langkah –

Tinggalkan Balasan