Amalan Sebelum Tidur

[KAMIS FIQIH]

Assalamu’alaikum Sobat Al Fikri
Eits, belum pada tidur ya? Lagi ngerjain laporan? Atau lagi ngerjain skripsi? Hehe

Sebelum tidur yuk lakukan amalan-amalan berikut 😊

1. Menjaga Diri Kita Untuk Tetap Dalam Keadaan Wudhu

Berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw kepada umat muslim. Kebiasaan seperti ini baik dilakukan untuk menjaga diri kita agar tetap dalam keadaan suci, meskipun sobat sedang tidur. Dalam hadits Rasulullah Saw dijelaskan bahwa :

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

2. Melakukan Ibadah Shalat Witir

Terkadang kita sudah mempunyai niat untuk melaksanakan shalat witir bersamaan shalat tahajud sepertiga malam, namun apabila sobat tidak yakin akan bisa bangun, sebaiknya laksanakanlah shalat witir sebelum tidur. Perbuatan baik ini dijelaskan oleh Abu Hurairah berdasarkan sabda dari Rasulullah, penjelasannya sebagai berikut :

“Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1981)

3. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas secara berurutan

Setelah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak satu kali masing-masingnya, lalu jangan lupa tiupkan pada bagian telapak tangan. Selanjutnya sobat bisa menggunakan telapak tangan tersebut untuk mengusap (seperti halnya gerakan wudhu) pada bagian seluruh tubuh mulai dari bagian wajah, bagian tangan, sampai bagian kaki dan juga bagian-bagian lainnya yang mungkin bisa anda jangkau dengan mudah.

4. Perbanyak Membaca Dzikir

Membaca dzikir sebelum tidur adalah perbuatan sunah yang selalu dilakukan dan diajarkan oleh Rasulullah Saw. Dengan berdzikir hati akan menjadi lebih tenang. Dzikir bisa anda jadikan bekal dan amalan baik bagi anda, karena kematian bisa datang kapan saja.

5. Jangan Lupa Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu alangkah baiknya selalu menjaga kebersihan tempat tidur sobat. Sesuai dengan hadits Rasul:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Biasakan untuk membersihkan dan merapikannya sebelum ataupun sesudah anda tidur. Selain akan membuat nyaman, tentunya akan mendatangkan pahala bagi sobat.

Sumber : https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/amalan-sebelum-tidur-menurut-rasulullah

#AlFikri2019
#AlFikriBerdakwah
– Bersama dalam Ukhuwah, Harmoni dalam Langkah –

Tinggalkan Balasan