Waktu

Waktu terus berputar, yang lewat tidak akan pernah kembali. Sedetikpun .. tak akan pernah kembali. Kesempatan hidup untuk terus berbakti dan beribadah akan terus berkurang.  
Waktu adalah salah satu bentuk kenikmatan dari Allah sehingga kita harus dapat memanfaatkannya, jangan sampai waktu yang telah Allah berikan kepada kita berlalu tanpa ada kebaikan yang kita lakukan didalamnya. 

Nabi Muhammad SAW, telah mengingatkan akan pentingnya memanfaatkan waktu, sebagaimana disebutkan dalam hadist:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, dia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].
Dari hadist tersebut jelas bahwa waktu merupakan kenikmatan dari Allah, namun janganlah kita lalai terhadap kenikmatan waktu yang telah Allah berikan kepada kita. 

Meningkatkan amal kebaikan dalam setiap waktu… 
Karena kelak dihari akhir, Allah akan meminta pertanggung jwaban kepada setiap hambanya, termasuk salah satunya pertanggungjwaban akan waktu, sesuai sabda nabi Muhammad SAW: 
“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi no. 2416, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir jilid 10 hal 8 Hadits no. 9772 dan Hadits ini telah dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah al-AHadits ash-Ashahihah no. 946)
Janganlah kita sia-siakan waktu yang Allah berikan kepada kita,

Teruslah berbuat kebaikan & produktif..
#LitbangQuotes

#AlFikri2017

#AlFikriBERSAMA

-Bersahabat Menebar Manfaat-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *