[PUASA SENIN KAMIS BIAR IRIT?]

Assalamualaikum Ikhwah Fillah

Alhamdulliah besok hari Senin Ikhwah Fillah. Mungkin sebagian besar dari kita kalo mikirin hari Senin tu rasanya mager banget. Soalnya habis libur hari Ahad, eh besoknya masuk lagi menjalani rutinitas kuliah. Tapi kalo Senin besok ini beda, soalnya masih libur semesteran ๐Ÿ˜‚.

Nah Ikhwah Fillah, karena besok hari Senin nih, jangan lupa ada salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah ๏ทบ yaitu puasa Senin Kamis.

Mungkin banyak dari kita melakukan puasa Senin Kamis karena pengen irit biar ngga ngeluarin uang makan atau lagi ngga punya duit. Tapi, sebenarnya bila kita melakukan puasa Senin Kamis dengan ikhlas karena Allah bakal mendapatkan faedah yang jauh lebih besar daripada sekedar menghemat uang.

โญ• Keutamaan Puasa Hari Senin dan Kamis โญ•

Sebelumnya, keutamaan hari Senin dan Kamis secara umum dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berikut, Rasulullah ๏ทบ bersabda,

ุชููู’ุชูŽุญู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠุณู ููŽูŠูุบู’ููŽุฑู ู„ููƒูู„ูู‘ ุนูŽุจู’ุฏู ู„ุงูŽ ูŠูุดู’ุฑููƒู ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูŽุฎููŠู‡ู ุดูŽุญู’ู†ูŽุงุกู ููŽูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตู’ุทูŽู„ูุญูŽุง ุฃูŽู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตู’ุทูŽู„ูุญูŽุง ุฃูŽู†ู’ุธูุฑููˆุง ู‡ูŽุฐูŽูŠู’ู†ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตู’ุทูŽู„ูุญูŽุง

โ€œPintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.โ€ (HR. Muslim no. 2565).

Rasulullah ๏ทบ pernah ditanya sahabat mengapa beliau berpuasa Senin dan Kamis. Karena pada hari Senin dan Kamis amal-amal sholeh diangkat ke langit. Maka Rasulullah ๏ทบ ingin saat amal beliau dilaporkan, beliau sedang berpuasa.
(HR. Tirmidzi no. 747)

Selain kita berpuasa pada waktu utama yaitu ketika catatan amal dihadapkan di hadapan Allah, berpuasa Senin Kamis juga dapat menjaga kemaslahatan untuk badan dikarenakan ada waktu istirahat setiap pekannya dan tak lupa kita juga akan mendapatkan pahala.

Mumpung besok hari Senin, jangan lupa Ikhwah Fillah untuk melaksanakan puasa Sunnah Senin Kamis ya. Semoga Allah memberikan keistiqomahan bagi Ikhwah Fillah sekalian untuk melaksanakan puasa Senin Kamis entah itu saat liburan maupun saat masa-masa kuliah, karena sejatinya Allah mencintai amalan yang kontinyu walaupun sedikit.

________________________________________
Sumber:
๐ŸŒ : rumaysho.com/845-merutinkan-puasa-senin-kamis.html
๐Ÿ‘ณ : Ustaz Dr. Khalid Basalamah, Lc., M.A.
________________________________________

#LenteraPena
#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

#10YearChallenge?

Assalamualaikum Ikhwah Fillah

Gimana nih liburannya? Semoga masih terjaga ya amal-amal ibadahnya. Nah, akhir-akhir ini ada yang lagi viral nih di media sosial, terutama di Twitter dan Instagram. Mungkin Ikhwah Fillah udah pada tau lah ya.

Yap #10YearChallenge. Biasanya challenge itu nunjukin perbandingan foto seseorang pada 10 tahun lalu dengan fotonya yang sekarang. Sebenernya challenge ini ngga terlalu penting-penting amat si kalo cuma buat ngebandingin foto aja.

Daripada cuma ngebandingin foto aja, mending kita bandingin ini aja dalam 10 tahun terakhir.

Adakah dari kita yang berubah kepribadian kita. Apakah menjadi pribadi yang lebih baik atau malah sebaliknya.

Apakah selama waktu itu, ibadah kita menjadi semakin baik?

Apakah selama waktu itu, sholat kita menjadi lebih on time atau telat-telatan?

Apakah selama waktu itu, pas adzan udah dateng ke masjid atau nunggu iqamat dulu baru pergi ke masjid atau malah jarang ke masjid?

Apakah selama waktu itu, kita makin sering ngaji atau malah jadi jarang ngaji?

Apakah selama waktu itu, hafalan Alquran kita udah nambah atau malah ngurang hafalannya?

Apakah selama waktu itu, kita lebih menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah?

Apakah selama waktu itu, kita makin sayang sama orang tua kita?

Apakah selama waktu itu, kita makin jujur atau masih aja beli gorengan dua tapi bilangnya satu?

Apakah selama waktu itu, kita makin rajin atau makin malas cari ilmu?

Coba muhasabah lagi. Sebenernya ngga perlu nunggu 10 tahun untuk bermuhasabah. Tapi jadikan tiap detikmu adalah waktu untuk bermuhasabah hingga senja kehidupanmu hadir.

ุญูŽุงุณูุจููˆุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽูƒูู…ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูุญูŽุงุณูŽุจููˆุงุŒ ูˆูŽุชูŽุฒูŽูŠูŽู‘ู†ููˆุง ู„ูู„ู’ุนูŽุฑู’ุถู ุงู„ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู

โ€œKoreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal shalih) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak)โ€
[HR. Tirmidzi]

#LenteraPena
#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

Company Profile Al Fikri 2018

[COMPANY PROFILE]

Assalamualaikum Ikhwah Fillah

Al Fikri merupakan biro di Teknik Kimia Universitas Diponegoro yang bergerak di bidang kerohanian islam. Al Fikri merupakan wadah bagi mahasiswa muslim teknik kimia yang ingin memperbaiki diri.

Ingin tau Al Fikri lebih lanjut? Yuk langsung cek aja video dibawah ๐Ÿ‘‡

#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

Resume Katalisator

[RESUME KATALISATOR]

Kamis, 23 Agustus 2018
โ€œHikmah Ibadah Hajiโ€
Prof. Dr. Ir. Abdullah, MS.

Assalamualaikum Ikhwah Fillah

Apabila ada seseorang melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tuntutan islam, maka akan memperoleh makna haji yang sesungguhnya. Orang yang telah melaksanakan ibadah haji, maka orang tersebut merupakan orang yang sangat beruntung. Karena ibadah haji adalah ibadah yang sangat diidam- idamkan oleh seluruh umat islam.
Hikmah ibadah haji telah banyak dijelaskan dalam Al-qurโ€™an dan hadist, hikmah dari ibadah haji diantaranya yaitu :

1. Dapat Menghapuskan Dosa

Dalam suatu hadist Rasulullah SAW bersabda :
โ€œBarang siapa yang pergi haji dan dia tidak mengeluarkan kata- kata keji serta tidak melakukan perbuatan dosa, maka akan diampuni dosa- dosanya seperti dia baru dilahirkan oleh ibunya.โ€ (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Nasaโ€™i, dan at-Tirmizi daripada Abu Hurairah)

2. Menambah Tebalnya Iman di Dalam Hati

Seorang yang telah melakukan ibadah haji, maka dalam hidupnya akan lebih baik dan akan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan lebih taat lagi dalam menjalankan ibadah serta melakukan semua aturan- aturan Allah SWT.

3. Menambah Semangat Persatuan dan Kesatuan Umat Islam

Dengan adanya persamaan amalan dalam rangkaian ibadah haji, maka akan menumbuhkan sikap kesatuan dan persatuan antar umat islam seluruh dunia.

4. Menghindari Diri dari Sikap Diskriminasi

Dengan kesatuan warna dan bentuk pakaian yaitu pakaian ihram, akan dapat mendidik dan menyadarkan manusia agar memiliki makna persamaan derajat, sehingga akan terwujud kerukunan hidup dan kesetiakawanan sosial.

#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

SUDOQU

[SUDOQU]

Assalamualaikum Ikhwah Fillah

โ€œBarangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan” (HR. Tirmidzi)

Yuk ikhwah fillah sholat dhuha dan baca quran di :
๐Ÿ“† : Jum’at
๐Ÿ•Œ : Masjid Fakultas Teknik – Baitul ‘Ilmi (BI)
๐Ÿ•› : 08.00 – 11.00 (bebas di waktu dhuha)

โš ๏ธ DAPATKAN SNACKNYA!

Kuyyy shalat dhuha, bisa di rumah, di kos, di BI, dimana aja..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

#Sudoqu
#PejuangDhuha
#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

IDUL ADHA

[SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1439 H]

Assalamualaikum ikhwah fillah

Kami segenap keluarga Al Fikri 2018 mengucapkan selamat hari raya idul adha 1439 H.

Jangan lupa untuk melaksanakan salah satu sunah Nabi Muhammad SAW, yaitu melaksanakan sholat idul adha berjamaah di tanah lapang atau halaman masjid, seperti yang dijelaskan pada:

ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุดูŽู‡ูุฏู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุงู„ุฃูŽุถู’ุญูŽู‰ ุจูุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุถูŽู‰ ุฎูุทู’ุจูŽุชูŽู‡ู ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ู…ูู†ู’ ู…ูู†ู’ุจูŽุฑูู‡ู ูˆูŽุฃูุชูู‰ูŽ ุจููƒูŽุจู’ุดู ููŽุฐูŽุจูŽุญูŽู‡ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุจููŠูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ: (( ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ู‡ูŽุฐูŽุง ุนูŽู†ู‘ูู‰ ูˆูŽุนูŽู…ู‘ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุถูŽุญู‘ู ู…ูู†ู’ ุฃูู…ู‘ูŽุชูู‰ )).

โ€œDiriwayatkan dari Jabir bin โ€˜Abdillah radhiallahu โ€˜anhu bahwasanya dia berkata, โ€œSaya menghadiri shalat idul-Adha bersama Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatkuโ€ (HR. Imam Ahmad dan At-Tirmidzi)

#IedAdha
#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

LENTERA PENA

[LENTERA PENA]
-Persamaan Antara Hari ‘Id dan Hari Kiamat-

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil hamd
Selamat Hari Raya Idul Adha 1439 H ikhwah fillah

Imam Ibn al-Jauzy memperhatikan orang-orang yang merayakan hari raya, lalu dibandingkannya dengan hari kiamat.

Sebab orang-orang yang akan melakukan shalat โ€˜id, setelah bangun dari tidurnya, mereka keluar dari rumah seperti keluarnya orang-orang mati dari kuburnya tatkala menuju padang mahsyar.

Ada di antara mereka yang berpakaian dan berkendaraan bagus, ada yang sederhana, dan ada pula yang sangat hina. Demikian juga kondisi manusia pada hari kiamat nanti.

Allah SWT. berfirman,
โ€œIngatlah hari (saat) Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai utusan yang terhormatโ€ [QS. Maryam (19): 85]

โ€œโ€ฆ.akan Kami giring orang-orang yg durhaka ke neraka jahannam dalam keadaan dahagaโ€ [QS. Maryam (19): 86]

Rasulullah bersabda, โ€œMereka akan dikumpulkan di padang Mahsyar dengan berkendara ataupun berjalan kaki dan ada pula yang berjalan dengan wajahnyaโ€

Pada hari โ€˜id ada manusia yang terinjak kakinya karena ramainya manusia. Orang-orang zalim pada hari kiamat akan diinjak-injak manusia dengan kakinya. Pada hari โ€˜id ada manusia manusia yg kaya dan bersedekah. Demikian juga adanya pada hari kiamat.

Orang-orang yang suka berbuat baik di dunia adalah juga orang-orang yg mendapat kebaikan di akhirat.

Di hari โ€˜id itu pula kita melihat orang-orang fakir miskin dan peminta-minta. Demikian juga pada hari pembalasan. Allah telah mempersiapkan syafaat bagi orang-orang yg berbuat dosa besar. Ada yang tidak dikasihani,

โ€œKami tak mempunyai pemberi syafaat seorangpun dan tidak pula teman yg akrabโ€ [QS. Asy-Syuโ€™ara (26): 100-101]

Mereka lalu pulang dari โ€˜id dan menuju pintu-pintu kamar khusus untuk mereka.

โ€œMereka adalah orang-orang yg didekatkan (kepada Allah)โ€ [QS. Al-Waqiโ€™ah (56): 11]. Allah lalu memberikan cap bagi mereka atas kerja yang telah dilakukan

โ€œMereka adalah orang-orang yang mendapat balasan yang baik atas usahanyaโ€ [Al-Isra (17):19]

Di bawah mereka kondisinya berbeda-beda. Ada yang kembali ke rumah yang indah.

โ€œ(Kepada mereka dikatakan) makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah engkau kerjakan pada hari-hari yang telah laluโ€ [Al-Haqqah (69): 24].

Ada juga yang di tengah-tengah, atau kembali ke rumah yang berantakan. Firman Allah SWT.

โ€œAmbillah pelajaran wahai orang-orang yang memiliki pandanganโ€ [Al-Hasyr (59): 2]

Sumber: Shaidul Khatir karya Imam Ibn al-Jauzy

#IedAdha
#LenteraPena
#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

[DIRGAHAYU INDONESIAKU]

Assalamualaikum ikhwah fillah

Al Fikri mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, semoga jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dapat terus kita kenang dan kita jadikan contoh untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya. Aamiin

MERDEKA!

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya” -Ir. Soekarno

#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

[AL FIKRI TABUNGAN QURBAN 2018]

“ููŽุตูŽู„ู‘ู ู„ูุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ูˆูŽูฑู†ู’ุญูŽุฑู’”
“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah.”
(QS. 108 : 2)

Assalamualaikum ikhwah fillah.

Alhamdulillah dalam bulan ini kita akan memasuki Hari Raya Idul Adha..
Maka dari itu marilah kita sama-sama memetik hikmah yang ada di dalamnya dengan cara berqurban.

Kami dari Al Fikri Teknik Kimia menerima penyaluran dana untuk hewan qurban dengan daftar harga sebagai berikut :

Kambing
Paket A (kecil) Rp 2.500.000
Paket B (sedang) Rp 2.800.000
Paket C (besar) Rp 3.000.000

Sapi
Paket A (sedang) Rp 18.000.000
Paket B (besar) Rp 20.000.000

Via transfer :
No rekening 110901007666503
Bank BRI
a.n Meirisca Rivani A

Untuk info dan konfirmasi setelah transfer
Ichwanul Muttaqin
Line : ichwun
Telp : 081226144688
Amalia Firdauzi
Line: amaliafrdz
Telp: 082229297828

Barokallahu fiikum, semoga Allah Subhanahu wa ta’ala menerima qurban dan amal ibadah kita sekalian, Aamiin.

Was

salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

#TabunganQurban
#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~

[Al Fikri Pocket Peduli]

“Innalillahi wa innailaihi roji’un”

“ู…ูŽู†ู’ ู†ูŽู€ููŽู‘ุณูŽ ุนูŽู†ู’ ู…ูุคู’ู…ูู†ู ูƒูู€ุฑู’ุจูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ูƒูุฑูŽุจู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ู†ูŽู€ููŽู‘ุณูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูƒูู€ุฑู’ุจูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ูƒูู€ุฑูŽุจู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู..”
โ€œBarangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allรขh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat..”
(H.R. Muslim : 2699)

Kabar duka kembali dirasakan saudara-saudara kita yang berada di NTB dan sekitarnya, bahwa tepatnya pada tanggal 5 Agustus pukul 18:46 WIB dinyatakan terjadinya gempa berkekuatan 7 Skala Richter. (demikian keterangan tertulis yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)). Dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB), gempa ini menelan korban jiwa sebanyak 82 orang dan ratusan orang luka-luka. Serta Rumah Sakit dan Puskesmas sekitar hancur, sehingga para korban luka dirawat diluar bangunan.

Kami segenap keluarga besar Al Fikri Teknik Kimia mengungkapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya. Semoga dengan adanya gempa ini kita semua semakin mendekatkan diri kepada Allah dan keluarga korban diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah, Aamiin.

Kami membuka donasi bagi kalian yang ingin memberikan bantuan kepada korban gempa di Lombok dengan cara

Transfer ke:
110901008162502 (BRI) a/n Yusuf Rizaldy Rafidianto
Dan Konfirmasi ke:
WA/Line: 081317029362/yusufrizaldy

*Batas Akhir Donasi : 13 Agustus 2018

#AlFikri2018
#AlFikriGEMARDAKWAH
~Gemerlap Ukhuwah Pancarkan Dakwah~